Posted: 31 Januari 2009 in Profil, SPORT

H Ijeck

Antara Pekerfoto-utama-h-ijeckjaan dan Hobi

Nalurinya tidak bisa lepas dari balapan. Tapi pikirannya harus fokus pada pekerjaan. Dua sisi itu masih terus diperjuangkan oleh H Musa Rajeck Shah.

Hadi Iswanto

Tokoh muda yang akrab disapa Ijeck ini, sudah bisa mengendalikan stir mobil pada usia 10 tahun. Saat usia 12 tahun, ia bawa mobil sendiri ke sekolah. Setahun kemudian, waktu bermainnya mulai banyak ia habiskan di arena balap. Tak heran jika hobi itu tak bisa luntur dari dalam diri pria 34 tahun ini. Meskipun, ia kini disibukkan dengan tumpukan pekerjaan.

Di pentas olahraga otomotif nasional, Ijeck adalah sosok muda nan bersahaja dan disegani. Di lintasan balap, ia dijulukan King of Rain alias “Raja Hujan”, karena kepiawaiannya memacu mobil di saat hujan dan jalanan licin. Sebagai ketua umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut, ia sukses menjadikan organisasi itu makin popular selama periode 2004-2008.

Selama masa itu pula, Sumut yang memang gudangnya pembalap, kembali menjadi kiblat otomotif Indonesia. Kejurnas Reli Indonesia, hampir separuh pesertanya dari Sumut. Tak heran jika Jeffrey JP, Direktur Bloedoes Management Indonesia, selaku promoter Rally Indonesia sampai bilang: “Balapan bisa gak jadi kalau tidak ada pembalap Medan.”

Pantas jika IMI Sumut mendapat penghargaan sebagai IMI terbaik Indonesia tahun 2006, organisasi olahraga terbaik Sumut pada Haornas 2008 dan reputasi ketua umum IMI Sumut sebagai pembina olahraga di Sumut 2007.

Tak heran pula jika seluruh klub anggota IMI Sumut kembali mempercayakan H Ijeck sebagai ketua umum pada Musprov, 27 Desember lalu. Meskipun konsekuensinya, ia kembali harus memikul tugas yang berat. Apalagi targetnya empat tahun ke depan IMI Sumut harus lebih baik lagi. “Ke depan pengurus harus lebih aktif dan lebih profesional dalam menangani event,” tekad jebolan Fisipol Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) yang baru menunaikan ibadah haji ini.

Fokus Pekerjaan

Debutnya dimulai dari atas Toyota Hartop pada balapan di Lona Garden 21 tahun lalu. Di tahun yang sama, namanya melambung setelah sukses menjadi runner up kelas jeep pada balapan di Banda Aceh. Usianya ketika itu baru 13 tahun.

April tahun depan, Ijeck genap berusia 35 tahun. Ia masih sangat piawai memacu tunggangannya dua tahun terakhir, Subaru Impreza WRX. Beberapa kali juara seri Rally Indonesia, runner up speed offroad 2005 dan bahkan tahun lalu ia memegang juara nasional sprint rally.

Tapi baginya, balapan hanyalah hobi. Pekerjaan sesungguhnya adalah mengelola perusahaan pribadi dan keluarga. Tidak ada dilema dalam hal ini. “Kalau dulu saya fokus balapan, tapi setelah cari duit sendiri saya harus fokus pada pekerjaan,” tegas putra ke-8 dari 9 bersaudara buah perkawinan pasangan H Anif dan Hj Syarifah Rahmah ini.

Ijeck ikut balap karena hobi, bukan sebagai profesi seperti yang saat ini dilakoni Rifat dan Rizal Sungkar maupun Subhan Aksa. Masalahnya, hobi juga menuntut prestasi, walaupun hanya latihan setiap menjelang kejuaraan saja. “Kalau ada empat event ya cuma empat kali latihan. Tentu beda dengan mereka yang menjadikan olahraga ini sebagai profesi,” ujar penyuka mobil jeep ini merendah.

Walau cuma hobi, Ijeck tetap bisa masuk dalam jajaran lima besar nasional dan mampu mengalahkan pembalap-pembalap dari tim-tim pabrikan berdana besar. Tapi, satu obsesinya yang belum tercapai. “Saya ingin juara Reli Indonesia,” tekadnya.

Data Diri

Nama Lengkap: Musa Rajeck Shah

Panggilan: Ijeck

Ayah: H Anif

Ibu: Hj Syarifah Rahmah

Istri: Sri Ayu Mihari

Anak : 4 (empat)

Hobi: Balap

Mobil Favorit : Jenis Jeep

Motor Favorit : Harley Davidson

Pekerjaan/profesi: Direktur PT Anugerah Langkat Makmur (PT Alam)

Organisasi:

– Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut

– Ketua Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Sumut

– Pengurus Persatuan Olahraga Menembak Indonesia (Perbakin) Sumut

Penghargaan:

Penghargaan sebagai atlet terbaik pada Haornas 2004

Pengda IMI terbaik se Indonesia dari PP IMI tahun 2006

Pembina Olahraga Terbaik 2007

IMI Sumut ditetapkan sebagai Organisasi olahraga terbaik pada Haornas 2008

Prestasi:

Beberapa kali juara seri nasional Reli Indonesia

Juara Sprint Rally 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s