Zulham Efendi Siregar ST: PEMUDA HARUS JADI LEADER OF CHANGE

Posted: 16 Oktober 2009 in Uncategorized

Ketua KNPI Medan, Zulham Efendi Siregar ST

Publicated in Tabloid Gelora Disporasu, October 2009


RAMAH dan bersahaja. Kesan itulah yang tampak ketika untuk pertamakalinya saya menyambangi Ketua Umum DPD KNPI Medan Zulham Efendi Siregar ST di markasnya, Jalan Merbabu Medan. “Sebentar ya bang,” kata tokoh muda kelahiran 29 Desember 1979 itu.

Itulah percakapan awal dalam pertemuan pertama usai menyambung janji pertemuan lewat handphone, beberapa waktu sebelumnya. Kebetulan, saat bertemu Rabu (14/10) sore itu, ia tampak sibuk menyambangi beberapa pengurus yang baru saja usai mengikuti rapat persiapan pelantikan pengurus KNPI Medan periode 2009-2012.  Setelah beramahtamah sebentar dengan beberapa pengurus, suami Meri Anggriani SS ini menerima saya di ruang kerjanya nan nyaman.

Zulham bukanlah sosok asing di organisasi kepemudaan. Jebolan S1 Tenik Harapan dan kini menjalani perkuliahan strata 2 Magister Management USU ini, sudah menjabat sebagai wakil ketua KNPI Medan selama 3 periode sebelumnya, Ketua Depicap Wiraarya dan kepala Bidang di Pemuda Pancasila.

Dalam wawancara singkat sekitar 30 menit, banyak inspirasi, visi dan misi yang ingin diwujudkan oleh sosok pengagum Budi Oetomo ini. Dari soal “gerbong” pengurus KNPI hingga Sumpah Pemuda. “Ruh dari Sumpah Pemuda adalah semangat untuk bersatu melakukan perubahan,” ujar Zulham didampingi salah seorang Wakil Ketua Suwarsim.

Apa kabar bang?

Baik.

Kelihatannya sibuk nih bang?

Nggak. Hanya rapat biasa menjelang persiapan pelantikan

O ya, pelantikan pengurus KNPI Medan, kapan bang?

Rencana kami 6 November di Wisma Benteng Medan.

( Sebenarnya, pengurus KNPI Medan periode 2009-2012 mendapat SK dari KNPI Sumut tertanggal 18 Agustus 2009. Namun kabarnya, karena kesibukan terkait puasa dan lebaran, maka acara pengukuhan/pelantikan pengurus harus diundur pasca lebaran)

Bagaimana komposisi kepengurusan KNPI Medan yang berhasil abang bentuk?

Kami mengakomodasi semua elemen pemuda baik dari OKP, pemuda berprestasi dari latarbelakang suku, agama dan ras. Ini juga mengakomodir harapan dari 57 peserta, 7 peninjau dan PK KNPI di 21 kecamatan pada Musda KNPI Medan yang lalu.

Jadi jumlahnya besar dong?

Lebih dari 300 personil. Itulah konsekuensi dari upaya kami untuk mengakomodasi semua potensi kepemudaan.

Apa harapan kita dengan jumlah yang begitu banyak?

Jelas kami berharap bukan hanya kuantitas saja, tapi kami berharap seluruh komponen pemuda terdorong untuk sama-sama meningkatkan kualitas pemuda. Hal ini tentu saja harus dibarengi dengan program kerja yang tujuannya untuk kepentingan pemuda dan masyarakat.

Apa nggak susah bang?

Kepengurusan kita dasari dengan kebersamaan dan semangat untuk melakukan perubahan dan pembaharuan.  Saya yakin teman-teman pemuda bisa bekerjasama dalam mewujudkannya. Karena itu kami akan terus berkonsolidasi dengan PK di 21 kecamatan, bersilaturrahmi dan berkomunikasi aktif dengan stake holder dan senioren-senioren pemuda.

Selain menjalin hubungan baik dengan semua unsur kepemudaan, apa yang menjadi prioritas program kerja KNPI Medan tiga tahun ke depan?

KNPI ke depan harus lebih memasyarakat. Karena itu, program kami didominasi pada gerakan social yang tidak hanya bermanfaat bagi pemuda saja, tapi juga berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Yang pasti berbasis prestasi dan kinerja. Untuk itu, kami butuh dukungan dari seluruh stake holder pemuda, pemerintah dan masyarakat.

(Meskipun belum dilantik, KNPI Medan telah menunjukkan kinerjanya dengan menggelar beragam aktifitas sosial. Selama ramadhan, mereka menurunkan tim safari ramadhan yang langsung dipimpin Zulham. Selanjutnya menyelenggarakan peringatan nuzulul qur’an, buka puasa bersama halal bil halal dan silaturrahmi pemuda. Rencananya, pada 1 November mendatang mereka akan menggelar aksi donor darah bersama 4 organisasi etnis tionghoa. Menyongsong Sumpah Pemuda, beberapa agenda juga sudah dirancang.)

Menurut abang, apa yang menjadi persoalan pemuda saat ini?

Masih klasik. Persoalan pemuda adalah minimnya lapangan pekerjaan yang disebabkan SDM yang tidak merata. Karena itu, kami akan menekankan pada upaya untuk mendidik mereka melalui pelatihan wirausaha bekerjasama dengan pemerintah, BUMN dan swasta. Mudah-mudahan lahirlah sebuah produk yang bisa menciptakan lapangan kerja.

Tanggapan abang mengenai RUU Kepemudaan?

Belum disahkan, jadi saya nggak bisa berkomentar banyak. Tapi yang pasti, pemerintah harus benar-benar memperhatikan pemuda. Jangan menunggu disahkan baru memikirkan kita.

Selama ini bagaimana kepedulian pemerintah dalam menangani masalah kepemudaan?

Sudah bagus. Tapi memang perlu ditingkatkan. Pemuda kan tonggak estafet kepemimpinan bangsa, jadi kalau tidak diperhatikan kualitasnya bisa merosot dan kualitas kepemimpinan bangsa ini ke depan bisa bisa menurun.

Tanggal 28 November nanti tepat 81 tahun Sumpah Pemuda. Bagaimana pandangan abang tentang Sumpah Pemuda?

Ruh Sumpah Pemuda adalah semangat untuk bersatu melakukan perubahan. Tapi, seiring dengan perkembangan zaman, pemuda saat ini bukan lagi agent of change, tapi dituntut untuk mempersiapkan diri menjadi leader of change. Setelah 81 tahun, pemuda harus siap menjadi pemimpin perubahan.

Untuk itu, pemuda harus memperkaya kualitas emosional, intelegensi dan spiritual. Karena pemuda yang matang secara emosional, intelegensi dan spiritual yang aan mampu melakukan perubahan.

Data Singkat

Zulham Efendi Siregar ST

Lahir: 29 Desember 1979

Istri: Meri Anggraini SS

Anak: 2 Anak

Pendidikan:

– S1 Teknik Harapan

– Magister Management USU (sekarang)

Pengalaman organisasi:

– Wakil Ketua KNPI Medan 3 periode

– Ketua Depicap Wirakarya

– Kabid Pemuda Pancasila

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s