Geely Panda: November Masuk Medan, Harga Edan

Posted: 26 Oktober 2010 in OtoNews

Seberapapun besarnya kesukaan Anda pada seekor Panda, Anda tetap tidak boleh memeliharanya di rumah. Karena itu, Geely menawarkan sesuatu yang menyerupai Panda. Bentuknya bukan boneka, tapi berwujud mobil kota (city car). Harganya juga di bawah 100 juta. Edan!

Geely Panda akan memasuki jalanan Kota Medan sekitar November tahun ini. Terinspirasi dari seekor Panda yang sedang tengkurap, mobil empat penumpang ini diperkirakan bakal jadi pilihan model hatchback yang selama ini cukup dominan di pasar Indonesia. Di samping harganya murah, mobil ini juga memiliki model dan kualitas mesin yang baik.
Mobil anyar ini sempat ditulis beberapa media nasional tahun lalu, ketika Geely mendatangkan wartawan Indonesia ke pabrik Geely di Cina. Bulan Juli lalu, Geely kembali menampilkannya pada ajang International Indonesia Motor Show (IIMS) 2010.
Nah, Senin kemarin, Bursa Mobil Harian Andalas menjadi media pertama di Medan yang meraih kesempatan untuk mengulas Panda. “Ini baru pertamakali saya sampaikan ke media di Medan,” ujar Yanto, General Manager PT Era Global Otomotif selaku Main Dealer Geely Sumut-Riau kepada Bursa Mobil Andalas, Senin kemarin.
Banyak yang meramal, mobil ini bakal laku di pasar Indonesia. Sebab selain desainnya futuristik, kualitas mesinnya juga tak kalah oke. Wajar bila konsumen Medan sudah mulai bertanya-tanya dan bahkan langsung memesan walau belum keluar. “Mobilnya belum masuk Indonesia, sambutannya di Medan sudah sangat luar biasa. Bahkan kita nggak nyangka kalau sekarang sudah ada 29 konsumen yang memesannya (inden),” tutur Yanto.

Nyaman
Desain awal mobil ini memang diambil dari hewan sejenis beruang asli Cina. Dirancang sejak 5 Mei 2006, kini sudah diproduksi massal khusus pasar Cina. Di negeri asalnya, Panda bermesin 1.300 cc ini dijual dengan kisaran harga dibawah Rp70 jutaan. Nantinya, akan masuk Indonesia dengan cara terurai dan di rakit di dalam negeri. “Kita akan tawarkan warna putih dengan harga on the road Medan di bawah Rp100 juta,” tambah Yanto.
Meski murah, mobil ini tidak murahan. Sama seperti mobil Geely lainnya, Panda juga dilengkapi dengan sistem keselamatan pengendara yang mumpuni seperti ABS (Antilock Brake System), EBD (Electronic Brake Distribution). Juga dilengkapi air bag yang berguna untuk meminimkan cedera fatal saat kecelakaan.
Untuk mesin, Geely panda menggunakan dapur pacu 1.300 cc 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 80 hp. Ada pula pilihan mesin 1.000 cc, namun yang masuk ke pasar Indonesia masih 1.300 cc.
Hebatnya, biarpun mungil, mobil kompak ini sudah memiliki standar emisi gas buang Euro 5. Bahkan dinegara asalnya, ada pula Panda yang menggunakan mesin elektrik dengan disokong baterai lithium-ion yang mampu mencapai kecepatan maksimum 65 km/jam.
Mobil ini sangat cocok untuk keluarga baru modern dan sangat pas sebagai hadiah orang tua kepada anaknya untuk kuliah atau sekolah.

MPV Tahun Depan
Selain menawarkan hatchback ala Panda, Geely juga tengah berencana meluncurkan model Multi Purpose Vehicle (MPV). Mobil keluarga 7 penumpang ini bakal jadi pesaing Avanza dan Xenia karena harganya yang diprediksi bakal di bawahnya. “Paling lambat awal tahun depan sudah kita pasarkan di Medan, tapi ceritanya kita tahan dulu nih,” ujar Yanto.
Jika membeli produk Geely, Anda tidak perlu khawatir pada layanan after sale-nya. Sebab, di samping mobil Geely digaransi 5 tahun, main dealer yang ada di Jalan Adam Malik No 48 Medan dan Jalan Riau No 1, Pekanbaru dan beberapa lokasi yang tersebar di beberapa daerah siap melayani servis dan suku cadang. “Kami juga sudah berencana untuk melayani pembelian aksesoris di sini,” tegas Yanto.
Melihat antusiasme konsumen pada produk mereka, Geely Medan kini sudah menjalin kerjasama dengan perusahaan pembiayaan antara lain PT Oto Multi Finance dan PT Bumi Finance untuk setiap pembelian produk Geely secara kredit. “Adira Finance segera menyusul,” tambah Yanto.

Komentar
  1. Hita mengatakan:

    Hm… saya tertarik dengan mobil ini.
    jika saya ingin membelinya, langsung ke dealer atau bisa hubungi siapa ya?
    harganya sekarang berapa juta?
    thank’s bgt untuk infonya.

    • hadi iswanto mengatakan:

      salam kenal….
      i sorry ya, baru dibalas. saya dah lama nih gak buka blog. pas buka, juga lupa kasih comment. Geely masih di jalan Adam malik no 48. Sekarang di lokasi yang sama juga telah hadir ATPM Subaru. Kita patut bangga karena salah satu mobil terbaik di dunia ia bisa nyampe medan.
      sukses ya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s