Rental Mobil Di Lapangan Merdeka: Lebih Cepat dan Mudah

Posted: 26 Oktober 2010 in OtoNews

Sejak tahun 60-an hingga sekarang, kawasan lapangan Merdeka Medan terutama di Jalan Stasiun Kereta Api dan Bukit Barisan, identik dengan tempat ‘nongkrong’nya berbagai jenis mobil sewa (rental). Mereka selalu siap melayani masyarakat yang membutuhkan jasa mereka dengan cara yang cepat dan mudah.

 

Nggak susah mencari mobil rental di kawasan ini, karena ciri khas mobil rental di kawasan  tersebut bisa kita lihat dari susunan parkirnya yang lurus memanjang sepanjang jalan Kereta Api dan sebagian ada yang parkir di dalam lapangan Merdeka di sisi jalan Bukit Barisan, persisnya di bawah rimbunan pohon tua, di depan Kantor Pos Besar dan BCA Medan.

 

Meski tanpa gedung yang permanen, rental mobil di kawasan ini punya keunggulan tersendiri dibandingkan rental mobil bermodal besar atau corporate di Kota Medan. Karena itu, mereka tidak takut persaingan. Rudi (35 tahun), salah seorang supir rental mobil di kawasan ini kepada Bursa Mobil Andalas menyadari akan persaingan antar pelaku usaha rental mobil yang kian hari semain ketat saja.

 

Terbukti sejak dua tahun terakhir ini, kata dia, omset rental mobilnya itu tidak secerah tahun-tahun sebelumnya. “Yah..ada penurunan sekitar separuhnyalah  (50 persen). Bisa kita lihat sejak tahun 2008 lalu hingga sekarang,”ujar Rudi yang mengaku profesi yang dilakoninya itu sudah turun menurun dari ayahnya yang juga supir rental tahun 70-an di kawasan tersebut.

 

Tidak Susah

Walaupun begitu kondisinya, rental mobil Lapangan Merdeka masih punya daya tarik tersendiri. Daya tarik itu diantaranya urusan administrasi atau transaksi yang tak terlalu ribet. Begitu terjadi kesepakatan harga sewa dan mobil yang dipilih, Anda tidak perlu dipusingkan dengan urusan administrasi. Supir segera ‘stand by’ meluncur membawa penumpangnya ke tempat yang dituju.

 

“Di sini, kita pasang tarif sewa per 12 jam, sudah sama supir. Untuk dalam kota Medan Rp400 ribu (Toyota Avanza) hingga Rp500 ribu (Toyota Innova), sudah termasuk stok minyak Rp100 ribu. Luar kota juga kita layani seperti ke Brastagi pakai Kijang Kapsul kita tawarkan Rp500 ribu, atau ke Parapat dan Balige berkisar Rp750 ribu hingga Rp800 ribu,” sebut Rudi yang sudah hampir sepuluh tahun menjalankan profesinya itu.

 

Di kawasan ini ada sekiitar seratus mobil tersedia berbagai merek. Diantara mobil itu, berstatus milik pribadi tapi sebagian banyak juga yang merangkap menjadi toke (pengusaha rental) yang memiliki lebih dari satu unit mobil. Biasanya si supir mendapat upah ‘persenan’ dari sang pemilik. Hitungannya, yaitu  20% sekali ada order orang merental, sedangkan 60% lagi disetor ke pemiliknya dengan syarat minyak sudah terisi sebesar Rp100 ribu (20% ).

 

Hal senada diungkapkan Ewin Nasution (45 tahun), supir rental lainnya. Para supir di kawasan lapangan bersejarah itu sudah beroperasi sejak mulai jam 06.00WIB pagi hingga 18.00 WIB sore.  Menurut supir sekaligus pemilik yang mengaku mobilnya masih kredit itu, berbagai merek dan jenis mobil di kawasan ini selalu stand by melayani calon penyewanya. Ada Toyota kijang kapsul keluaran tahun 2000-an, Phanter, Mitsubishi L-300, serta Toyota Avanza dan Innova tahun tinggi. “Memang umumnya orang ke sini, banyak cari Avanza dan Innova tapi banyak juga suka Kijang Kapsul, tergantunglah…,” ceplosnya.

 

Dikatakan Ewin, kebanyakan orang yang menyewa mobil mereka itu adalah untuk tujuan bisnis di sekitar dalam kota Medan. Ada juga yang menyewa untuk urusan sales dan marketing, mereka umumnya perusahaan dari Jakarta dan daerah lain yang hendak berbisnis di Medan. Selain itu, ada juga untuk urusan kantor dan acara pesta perkawinan dan keluarga. (mis).

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s