Silat Konsentrasi Menuju PON

Posted: 12 Maret 2012 in news, SPORT
Tag:, , , , ,

NB: foto hl kecil aja
Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (Pengprov IPSI) Sumut, tahun ini memprogramkan peningkatan kualitas dan jumlah pelatih. Program ini dijalankan guna mendukung upaya mereka mensosialisasikan dan meningkatkan prestasi pencak silat.

“Tahun ini kita mengagendakan penataran pelatih guru sekolah maupun pelatih perguruan dan pelatih di daerah,” ungkap Ketua Umum Hj Dahliana SH kepada M24, di sekretariat KONI Sumut, Senin (12/3).

Kebijakan yang dibuat berdasarkan hasil rapat kerja daerah (Rakerda) Desember 2011 itu, dilakukan terkait adanya pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Riau, September mendatang. Makanya, mereka tidak mengagendakan kejuaraan, karena di tingkat nasional, juga tidak ada even. Semuanya konsentrasi menuju PON. “Untuk atlet binaan yang ikut PON, kita hanya berupaya mendukung program KONI Sumut, karena mereka (atlet) kini sudah ditanggungjawabi KONI,” tegas Dahliana yang diberi amanat memimpin IPSI Sumut periode 2011-2015.

Namun, mereka tidak akan melupakan pembinaan atlet di luar kontingen PON, terutama pembinaan atlet junior. Ia berharap perguruan-perguruan dan pengurus bersama-sama melakukan pembinaan.

Kepada pelatih, ia berharap agar memanfaatkan penataran yang rencana akan digelar bulan Mei ini. Tujuannya selain merefreshing kemampuan melatih, juga menjadi sarana sertifikasi dan standarisasi pelatih. “Kami juga akan melatih dasar-dasar kepelatihan pencak silat kepada guru-guru sekolah. Dari mereka, kami berharap minat siswa untuk latihan silat lebih besar,” tambah Dahliana.

Target PON
IPSI Sumut menargetkan 1 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu pada PON mendatang. Target itu cukup realistis berdasarkan hasil kejurnas dan pra PON sepanjang tahun 2011 lalu.

Jika pada PON 2008 lalu Sumut hanya meloloskan 4 atlet (hasilnya 1 medali perak PON), maka prestasi periode ini cukup bagus. Sumut berhasil meloloskan 10 atlet yakni Herkiswanto (tunggal), Mhd Ihwa Taufik Nasution, Mgd Saleh Irawan Lubis, Zulfan Hafiddzin (regu), Afriansyah (kelas E), Pedomanta Keliat (F), Andy Zulkarnaen ST (G), Ario Wulan (H), Dinda Ayu P Sari SH (D) dan Zumidar Oktina (E). Mereka ditangani pelatih Jumono Tarugan, Hariki dan Zulpan Rahmadsyah Nasution.

“Rencananya para atlet akan menjalani pemusatan latihan di luar Sumut. Atlet tunggal dan regu akan kita kirim ke DKI Jakarta. untuk atlet nomor tarung akan dipusatkan di Jawa Barat,” tambah Dahliana.
(hai)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s