Sumut Berkiblat ke Guangzhou

Posted: 12 Maret 2012 in news, SPORT
Tag:, , , , , , , , , , , ,

Upaya KONI Sumut untuk mengirimkan para atlet andalannya berlatih ke Guangzhou, Cina, tampaknya bakal segera terwujud. Menurut Wakil Ketua Umum II yang membidangi pembinaan, Prof Agung Sunarno, rencananya para atlet akan diberangkatkan pada bulan Mei mendatang.

“Cina kita pilih karena di sana banyak sentra latihan yang menghasilkan atlet dunia,” ungkap Agung yang ditemui saat menyaksikan lomba lari 10k di Stadion Teladan Medan, Minggu kemarin.
KONI Sumut, tambahnya, memberikan porsi yang besar baik dalam hal dana pembinaan maupun fasilitas latihan kepada atlet-atlet Sumut yang berprestasi. Salah satunya adalah prioritas  untuk berlatih ke luar negeri atau berlatih dengan pelatih handal yang didatangkan dari luar negeri. Prioritas ini diberlakukan pada atlet nomor perorangan yang memang diharapkan bisa mendatangkan medali emas.
Hingga kini, KONI sudah merancang beberapa atlet dari cabang wushu, anggar, atletik, judo, dan gulat untuk berlatih di Guangzhou. Tenis lapangan juga berminat, namun masih dalam pertimbangan.
Selain itu, atlet renang Sumut peraih dua emas SEA Games, Indra Gunawan, masih terus berlatih di Hongaria.

Atletik
Dari cabang atletik, dikabarkan beberapa atlet jarak menengah yakni Edy Heryanto, Mari Yusuf Gulo dan Yogi Triono sedang berlatih di Kuala Lumpur Malaysia. Sekum PASI Sumut Irwan Pulungan mengatakan, selama di Malaysia mereka berlatih bersama pelatih tim nasional Malaysia yang berasal dari Rusia.
Sumut juga hampir dipastikan bakal kedatangan pelatih khusus nomor lempar, Lyudmila dari Uzbekistan. Kehadiran pelatih ini diharapkan bisa memperbaiki kelemahan Sumut di nomor lempar.
Dari nomor atletik, Sumut telah meloloskan 10 atlet ke PON yakni Yogi Triono (1.500m, 3.000m St Chase), Edi Hariyanto Harahap (800m, 1500m), Nyai Agita Prima Siregar (5000m, 3000m St Chase), Dimas Arief Sumantri (lempar cakram, tolak peluru), Zulkarnaen Purba (110m gawang, 400m gawang), Mari Yusuf Gulo (5000m, 10000m), Arjun Sarumpaet (10000m), M Ridwan (lontar martil), Zulham Effendi (lontar martil), dan Usni Zamzami (tolak peluru). (hai)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s