Takraw Sumut Target Emas PON

Posted: 12 Maret 2012 in news, SPORT
Tag:, , , , , , , , , ,

Meski prestasinya kurang diperhitungkan, tim sepaktakraw Sumut optimis bisa meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Riau, September mendatang. Emas diprediksi bisa direbut dari nomor hoop.

“Kami fokus ke nomor hoop karena di nomor ini pada Kejurnas lalu kita peringkat 6. Bahkan dari perolehan angka kita masuk nomor 4 karena ada beberapa tim yang poinnya sama. Saya melihat disinilah peluang Sumut merebut emas,” ungkap Pelatih tim sepaktakraw PON Sumut Ibrahim Wiyaka dan Rusliadi SPd di sela latihan, kemarin.

Pada PON tahun ini, Sumut untuk pertamakalinya tampil di PON dengan mengikuti tiga nomor tanding yakni regu, double event dan hoop. Sumut berkekuatan enam atlet yakni M Riski Satria, Boy Armanda, Asep Prabowo, Ari Syahputra, Abdul Rahman dan Ari Ermanto. Dari keenam atlet ini, hanya Boy dan Abdul Rahman yang bukan mahasiswa FIK Unimed. “Selebihnya kuliah di FIK Unimed. Mereka tidak berasal dari satu daerah saja tapi ada yang dari Padangsidimpuan, Asahan, Binjai, Tanjungbalai, Serdangbedagai dan Medan,” jelas dosen FIK Unimed itu.

Dengan fokus di nomor hoop, mereka tidak lantas melupakan dua nomor yang lain.Pada kualifikasi PON Porwil Sumatera, untuk nomor regu dan double, Sumut peringkat ketiga. Namun pada Kejurnas, Sumut meloloskan nomor hoop setelah menempati peringkat keenam.

Diakui Ibrahim, prestasi yang dicapai Sumut kurang optimal karena menjelang Pra PON lalu, atlet Sumut memang kurang latihan. Namun, sejak Januari lalu, atau sembilan bulan menuju PON, mereka mulai latihan rutin. Bahkan sekarang latihan lima hari dalam seminggu di lapangan depan kampus FIK Unimed. Senin – Rabu-Jumat, latihan dimulai pukul 15.00 WIB hingga Maghrib dan pada Selasa dan Sabtu latihan setiap pukul 08.00-11.00 WIB. “Kalau latihan pagi, kami khusus latihan hoop saja,” tambah Ibrahim yang mantan atlet sepaktakraw Sulawesi Selatan itu.
Saat ini, Ibrahim dibantu pelatih lainnya juga menangani Unimed Sepak Takraw Club (USTC), dimana para atlet PON itu juga berlatih. Di klub itu ada sekitar 16 atlet yang aktif latihan hampir setiap hari. (hai)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s