Freddy Hutabarat: Tunggu Kejutan PSMS IPL

Posted: 27 Maret 2012 in Feature, Profil, SPORT
Tag:, , , , , , ,

“Mau dibawa kemana kompetisi ISL karena jenjangnya gak jelas”

 

CEO PSMS IPL Freddy Hutabarat yang baru kembali dari Kongres PSSI di Palangkaraya, Kamis (22/3/2012) lalu, banyak bercerita soal hasil Kongres pada 18 Maret dan dampaknya pada sepakbola Indonesia ke depan.
Sebagai pendukung Prof Djohar Arifin, Ketua Umum PSSI yang diakui FIFA, Freddy menegaskan, hasil kongres akan menguatkan posisi mereka dari sisi tim PSMS maupun sepakbola nasional. Ia juga bicara soal rencana perekrutan 7 pemain baru dan upaya mereka memperbaiki tim menjelang putaran kedua. Kabarnya, mantan pemain PSMS yang kini merumput di luar daerah dan di tim ISL bakal direkrut. Apakah termasuk Saktiawan Sinaga dan Markus Horison? “Tunggu saja tanggal mainnya. Pasti akan ada kejutan,” ujar mantan pemain PSMS Medan era 80-an ini enggan menyebut nama. Berikut petikan wawancaranya.

– Bagaimana suasana kongres Palangkaraya?
Suasananya sangat positif. Kongres PSSI tahun 2012 dihadiri oleh 94 peserta sah dari 97 pemilik suara yang diundang. Kongres juga dihadiri ratusan peninjau dan mereka semuanya mendukung PSSI. Karena faktanya, banyak berita-berita yang diputarbalikkan tidak sesua fakta.
Jadi saat semua isu-isu sudah dijelaskan secara gamblang dan hasilnya sangat positif.

– Maksud Anda isu seperti apa?
Kita lihat sendiri, banyak sekali berita-berita di media yang tidak benar. Banyak sekalilah.

– Mengenai kekalahan besar timnas kita. Bagaimana PSSI menanggapinya?
Jelas tim yang kita bawa banyak pemain baru karena FIFA memang tidak memperbolehkan PSSI membawa pemain ISL yang kompetisinya tidak diakui FIFA.

– Lantas bagaimana dengan pemain Malaysia Safei Sali yang diizinkan FIFA memperkuat negaranya walau main di ISL?
Malaysia kan punya permintaan khusus dengan FIFA agar mereka (Malaysia,red) tidak dilibatkan dalam kisruh sepakbola Indonesia. Dan hal itu disetujui FIFA dan karena itu Sali tetap bisa main untuk Malaysia.

– Bagaimana dengan Persipura yang sempat dihambat PSSI untuk tidak main di AFC?
Tidak benar PSSI menghambat Persipura. Justru PSSI yang memperjuangkannya. Sebelumnya Persipura sudah dicoret oleh AFC, tapi Pak Djohar menghubungi AFC agar Persipura tetap boleh main karena mereka lolos ke LCA sebelum kisruh terjadi dan akhirnya disetujui di saat-saat terakhir.

– Bagaimana Anda menyikapi lahirnya PSSI tandingan versi KPSI?
Biarkan saja mereka berbuat seperti itu. Yang jelas, FIFA tidak akan mensahkan itu. Dan komisi arbitrase internasional (CAS) juga sudah melarang tindakan KPSI.

– Sebelum kongres juga muncul wacana penyatuan IPL dan ISL, bagaimana menurut Anda?
Memang ada rencana begitu, tapi setelah kompetisi selesai dulu. Penggabungan ini juga akan membuat PSMS menjadi satu kembali dengan catatan, harus di bawah PSSI yang diakui FIFA. Tapi itupun tergantung mereka (PSMS ISL,red). Yang jelas, kalau mereka tetap bertahan dengan kondisi ini, apa yang jadi landasan mereka dan mau dibawa kemana kompetisi ISL karena jenjangnya gak jelas. Kasihan pemain-pemain kita.

– Mengenai PSMS IPL yang Anda pimpin sekarang, apakah akan lebih baik?

(Saat ini, penampilan PSMS IPL kurang menggigit dan terkesan ditinggalkan pendukungnya)
Di sela-sela kongres kemarin kami juga mengadukan masalah kami ke PSSI dan mereka (konsorsium) mendukung PSMS merekrut pemain-pemain berkualitas.

– Siapa saja yang akan direkrut?
Soal nama, kami belum bisa ungkapkan sekarang. Rencana kami akan ada tujuh pemain baru. Mereka bisa dari klub IPL atau ISL. Yang jelas, Kami akan rekrut pemain bintang, kami gak mau setengah-setengah membangun tim ini. Mungkin seminggu ini atau Rabu depan sudah kelar, jadi tunggu saja siapa yang kami rekrut. Pasti akan ada kejutan.

Berarti PSMS sudah mengantongi nama pemain bintang yang akan direkrut, kenapa masih dirahasiakan?
Memang beberapa pemain bintang sudah kami hubungi dan bahkan ada yang menghubungi kami. Tapi, belum bisa saya sebutkan sekarang karena akan mengganggu proses negosiasi. Tunggu saja tanggal mainnya. (hadi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s