Iwan Setiawan Berbagi Ilmu

Posted: 27 Maret 2012 in news, SPORT
Tag:, , , , , , , ,

Salah satu latihan dasar dalam menangani anak-anak usia dini adalah latihan koordinasi atau coordination training. Namun ternyata, model latihan yang sudah lama diterapkan dalam sepakbola modern ini masih sering dilupakan, atau bahkan samasekali tidak diterapkan dalam pembinaan usia dini pada Sekolah Sepak Bola (SSB) di Indonesia.
“Ada pelatih yang memang sudah tahu, tapi tidak konsisten menjalankan ini karena dipengaruhi berbagai hal. Padahal latihan ini tidak boleh diabaikan,” ungkap Iwan Setiawan saat couching clinic di hadapan 50-an pelatih SSB se-Sumut di Aula Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut, Senin (26/3) sore.
Dia menilai, saat ini banyak pelatih usia muda yang selalu terfokus pada latihan bola. Padahal ada satu pergerakan tubuh manusia yang harus diolah dulu, yaitu koordinasi. “Inilah latihan basic dalam sepakbola. Kalau basicnya salah, maka akan salah selamanya, karena sepakbola di bangun sejak usia dini,” terang pelatih berlisensi A tersebut.


Iwan hadir dengan kapasitasnya sebagai mantan pemain PPLP (Diklat) Sepakbola Sumut alumni pertama tahun 1984. Dalam couching clinic kemarin, lebih dari 80 persen pesertanya adalah para mantan pemain PPLP Sumut. Acara ini digalang oleh Sangap Surbakti, guna menjalin hubungan sekaligus membuat program untuk peningkatan sepakbola nasional.
Kordinator Pelatih PPLP Syafei Pilly menambahkan, latihan kordinasi itu ada berbagai macam cara dan metode. Semuanya merupakan latihan yang bisa membentuk karakter pemain dari mulai kecepatan, gerak reflek, agility, kekuatan, daya ledak dan berbagai hal lainnya. Jadi kalau ini tidak diterapkan, maka jangan harap pelatih bisa mencetak pemain usia dini yang memiliki kualitas baik. (hadi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s