Newcastle United vs Chelsea: Welcome Back Ba

Posted: 1 Februari 2013 in Prediksi-Preview, SPORT

GLOBAL TV
Sabtu, 02 Februari 2013
22.00 WIB

HL----demba-ba1
Newcastle United akan menjamu Chelsea dalam lanjutan Liga Premier Inggris, di St. James Park, Sabtu (2/2) malam nanti . Tuan rumah pun siap menyambut mantan pemain kesayangannya, Demba Ba, dengan perasaan cemas.
The Toon Army harus rela ditinggal pergi oleh sumber gol utama mereka, Ba. Penyerang asal Senegal itu bergabung dengan The Blues pada 4 Januari lalu dengan nilai transfer sebesar tujuh juta poundsterling.
Usai memutuskan hijrah ke Stamford Bridge, Ba ternyata tak butuh waktu lama untuk beradaptasi dengan rekan-rekan barunya. Pesepakbola 27 tahun itu sudah memberikan kontribusi tiga gol saat diturunkan dalam tujuh pertandingan di semua ajang.
Pardew yang tahu betul dengan kemampuan Ba saat menyelesaikan peluang, lantas meminta tim besutannya untuk tak memberikan ruang gerak bagi striker yang memiliki postur 189 sentimeter itu.
“Anda tahu jika Anda memberikan dia kesempatan, lalu ada peluang bagus, dia akan mencetak gol. Anda harus membatasi kesempatan Demba itu,” jelas Pardew di Fox Sport Asia.
“Dia adalah penyelesai peluang yang sangat tajam, jadi ini mengenai jangan memberi dia momen,” imbuhnya.
Selama satu setengah musim membela Newcastle, Ba tampil sangat produktif. Dia mencetak 29 gol dalam 58 penampilan di semua ajang.
Setelah melewati periode buruk pasca kepergian Ba, Pardew kini mulai bernafas lega.  Apa lagi alasannya kalau bukan performa para debutan asal Prancis di pertandingan terakhir The Magpies. Tiga dari empat Frenchmen yang baru direkrut Pardew di awal pekan: Moussa Sissoko. Yoan Gouuffran, dan Mapou Yanga-Mbiwa, dimainkan kontra West Ham di gameweek 24 (29/1) serta membantu membawa pulang tiga angka.
Dua nama pertama menjadi starter, sementara Yanga-Mbiwa masuk dan bench Sissoko bahkan langsung berkontribusi dengan melepas assist membelah bek lawan buat gol pertama Newcastle milik Papiss Cisse. Pardew pun tak ragu-ragu memberi kata-kata manis buat Sissoko.
“Sejujurnya saya agak terkejut. Mungkin kami tidak akan menang jika tak merekrut Sissoko. Sebegitu besarnya arti penting transfer Sissoko buat tim ini,” katanya di The Telegraph.
Hebatnya. lagi, tripoin  kontra The Hammers jadi kemenangan tandang perdana dari 18 kali penampilan di luar rumah edisi terkini (12 laga di Premier League, empat partai di Liga Europa, satu duel di Capital One dan Piala FA).
Apresiasi didapat hingga dari negeri seberang dengan harian olah raga populer di Prancis. L Equipe, menjadikan kemenangan Newcasfle sebagai headline. Begitu juga stasiun televisi Canal+ yang memfokuskan satu segmen khusus buat membahas punggawa Prancis di tubuh The Magpies.
Pembuktian buat leguin Prancis memang tak bisa dari satu laga saja alias masih jauh ke depan. Yang paling dekat tentu duel melawan Chelsea pada Sabtu (2-2).
Maklum, banyaknya pemain berbahasa asing di ruang ganti bukannya tanpa risiko. Pardew juga sempat jadi sasaran tembak karena kebijakan ini. Kritik paling santer muncul soal identitas klub.
Untuk potensi masalah ini, Newcastle beruntung memiliki para punggawa Prancis yang lebih dulu mengambil hati para suporter seperti Yohan Cabaye. Pemuda berusia 27 tahun itu sudah pantas menjadi pemimpin di dalam maupun luar lapangan buat legiun anyar asal Prancis.
“Mereka baru datang, tetapi sudah langsung mempelajari Bahasa Inggris. Kami harus bisa menghormati orang Inggris dengan berkomunikasi memakai bahasa mereka. Hal ini penting buat kebersamaan grup,” tutur Cabaye.
Chelsea sendiri bukanlah tim yang ditakuti. Chelsea cuma menang empat kali dalam sepuluh laga terakhirnya di semua kompetisi. Empat laga lainnya berakhir seri dan dua sisanya berujung kekalahan.
Terakhir, tim besutan Rafa Benitez itu diimbangi tim papan bawah Reading 2-2. Padahal, mereka sempat unggul dua gol sampai menit-menit akhir.
“Tak ada dalih lagi. Saya tak tahu apakah hasil buruk kemarin adalah karena kurangnya keyakinan diri, namun itu tak boleh terjadi lagi,” ujar Mata yang sempat dicemaskan kubu The Blues ketiga ditarik keluar dari laga itu pada menit ke-66 karena mengalami cedera engkel.
Mata yang berharap bisa pulih untuk lawatan ke St James Park menambahkan, “Ini laga yang amat penting karena kami punya peluang mendekati Manchester City dan membuat jarak makin besar dengan tim di bawah kami,” tutupnya.
Newcastle United sejauh ini mencatatkan rekor kandang yang kurang impresif, yang niscaya akan menguntungkan tamunya akhir pekan ini, Chelsea, yang justru punya rekor bagus St James Park.
Meskipun begitu, Metro 24 Jam memprediksi Chelsea bakal kesulitan menghadapi Newcastle. Namun kemenangan bisa jadi milik tim tamu. (hadi)

Prakiraan Formasi
NEWCASTLE (4-2-3-1): Krul; Debuchy, Taylor, Coloccini, Santon; Perch, Cabaye; Gouffran, Sissoko, Gutierrez; Cisse

CHELSEA (4-2-3-1): Cech; Ivanovic, Cahill, Terry, Cole; Ramires, Lampard; Mata, Oscar, Bertrand;
Ba

Prediksi Haibola
Voor: 1/2 : 0
Skor: 1-2

Head2Head
25 Agu 2012 (EPL) Chelsea 2 – 0 Newcastle United
03 Mei 2012 (EPL) Chelsea 0 – 2 Newcastle United
03 Des 2011 (EPL) Newcastle United 0 – 3 Chelsea
15 Mei 2011 (EPL) Chelsea 2 – 2 Newcastle United
28 Nov 2010 (EPL) Newcastle United 1 – 1 Chelsea

5 Laga Terakhir
Newcastle United
30 Jan 2013 (EPL) Aston Villa 1 – 2 Newcastle United
19 Jan 2013 (EPL) Newcastle United 1 – 2 Reading
12 Jan 2013 (EPL) Norwich City 0 – 0 Newcastle United
05 Jan 2013 (PFA) Brighton 2 – 0 Newcastle United
03 Jan 2013 (EPL) Newcastle United 1 – 2 Everton

Chelsea
31 Jan 2013 (EPL) Reading 2 – 2 Chelsea
27 Jan 2013 (PFA) Brentford 2 – 2 Chelsea
24 Jan 2013 (COC) Swansea City 0 – 0 Chelsea
20 Jan 2013 (EPL) Chelsea 2 – 1 Arsenal
17 Jan 2013 (EPL) Chelsea 2 – 2 Southampton

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s