Valencia vs Barcelona: Beban Blaugrana

Posted: 3 Februari 2013 in Prediksi-Preview, SPORT

TransTV
Senin, 04 Februari 2013
01:00 WIB
HL---fabregas
Barcelona harus kembali melakoni laga berat pekan ini. Usai melalui duel melelahkan dalam bentrok el clasico di Santiago Bernabeu, Kamis (31/1) WIB, Blaugrana harus melawat ke Mestalla, menjumpai Valencia.

Pertarungan melawan Madrid yang berakhir imbang 1-1, memang benar-benar menguras tenaga, pikiran dan emosi. Itulah kenapa pemain setenang Lionel Messi-pun bisa cekcok dengan bek Madrid, Arbeola dan asisten Jose Mourinho Aitor Karanka.

Dengan situasi yang melelahkan itulah, mereka harus melawan Valencia yang dalam periode tahun baru ini — di luar kekalahan 5-0 atas Madrid – cukup bagus di pentas La Liga. So, ini kesempatan buat tuan rumah membobol gawang Barca sekaligus merebut angka.
Soalnya, jika ditarik ke belakang, dalam sejarahnya Barca selalu terjegal, atau paling tidak terlibat kesulitan, setelah memainkan dwilaga berturut-turut. Khususnya saat musim sudah memasuki paruh kedua. Sejak musim 2008/09, setidaknya muncul 21 situasi di mana Barca tumbang atau tertahan setelah memainkan laga midweek.
Contoh terakhir adalah skor imbang 2-2 melawan Malaga di Leg I perempat final Copa (16/1) yang disusul kekalahan 2-3 tatkala bertamu ke Real Sociedad (19/1).
Situasi serupa berpotensi muncul pada akhir pekan ini. Kunjungan ke Mestalla guna bersua Valencia hanya berjarak tiga hari setelah lakon semifinal I Copa del Rey. Mengingat Real Madrid yang dihadapi pada medio pekan tersebut, bisa ditakar kira-kira berapa besar tenaga dan pikiran yang terkuras menjelang keberangkatan ke Mestalla?
“Kami bisa menang atas Barcelona. Tiga partai lalu Sociedad berhasil mengalahkan mereka. Sulit memang, tapi kami akan tampil habis-habisan untuk mengambil poin penuh. Laga melawan Madrid tentu membuat Barca lelah. Meski begitu, mereka tetap memiliki materi kuat saat bertemu kami,” kata Vistor Ruiz, bek tengah El Che.
Keunggulan fisik Valencia disokong hasil bagus yang mereka petik saat mengunjungi rumah Deportivo la Coruna. Datang dengan latar belakang kekalahan 0-5 dari Madrid dan terdepak di Copa dari lawan yang sama, Valencia membuktikan bahwa mentalitas mereka sudah kembali mantap dengan menang 3-2.
“Kami lebih siap setelah partai melawan Depor. Saya sadar betul bahwa Barcelona adalah tim yang sama sekali berbeda karena kualitas luar biasa mereka. Namun, belakangan keberuntungan tak memihak Barcelona,” ucap Jonas, gelandang Ches, mencoba menggambarkan tembakan Barca tiga kali mengenai tiang gawang saat kalah dari Sociedad.
Ucapan Ruiz dan Jonas layak mengemuka dengan harapan mentalitas tim bisa terus terjaga. Masalahnya, kemenangan terakhir Valencia atas Barca di Mestalla terjadi hampir lima tahun lalu, itu pun dalam laga Piala Raja, ajang di mana Barca biasa mengombinasikan pemain inti dan pelapis. So. rasanya butuh lebih dari soal keberuntungan dan keuntungan fisik untuk meraih tripoin.
Belum pasti fitnya Roberto Soldado akibat cedera juga bisa menjadi aral tersendiri. Maklum, sang penyerang merupakan top scorer tim alias penyumbang 37% dari total 30 gol Ches di La Liga.
Victor Valdes dipastikan menghuni bawah mistar lagi setelah digantikan Jose Manuel Pinto di Santiago Bernabeu.
Gerard Pique bakal main lagi setelah menuntaskan sanksi kartu merah di La Liga. Tapi, nama-nama macam Alexis Sanchez, David Villa, dan Javier Mascherano bermain sebagai pengganti. Barca sangat difavoritkan memenangi laga ini, meskipun harus peras keringat. Tapi jika Valencia memainkan pertahanan yang ketat, kemungkinan El Che bisa meraih angka di Mestalla. (hai/int)

PRAKIRAAN PEMAIN

VALENCIA (4-2-3-1): Alves; Pereira, Rami, R. Costa, Guardado; Albelda, T. Costa; Feghouli, Banega, Bernat; Soldado

BARCELONA (4-3-3): Valdes; Alves, Pique, Puyol, Alba; Xavi, Busquets, Fabregas; Pedro, Messi, Iniesta

Prediksi Metro 24 Jam
Voor:  1 1/4 : 0
Skor: 1-1

Head2Head
03 Sep 2012 (PLL) Barcelona 1 – 0 Valencia
20 Feb 2012 (PLL) Barcelona 5 – 1 Valencia
09 Feb 2012 (CDR) Barcelona 2 – 0 Valencia
02 Feb 2012 (CDR) Valencia 1 – 1 Barcelona
22 Sep 2011 (PLL) Valencia 2 – 2 Barcelona

5 Laga Terakhir
Valencia
27 Jan 2013 (PLL) Dep La Coruña 2 – 3 Valencia
24 Jan 2013 (CDR) Valencia 1 – 1 Real Madrid
21 Jan 2013 (PLL) Valencia 0 – 5 Real Madrid
16 Jan 2013 (CDR) Real Madrid 2 – 0 Valencia
13 Jan 2013 (PLL) Valencia 2 – 0 Sevilla

Barcelona
31 Jan 2013 (CDR) Real Madrid 1 – 1 Barcelona
28 Jan 2013 (PLL) Barcelona 5 – 1 Osasuna
25 Jan 2013 (CDR) Málaga 2 – 4 Barcelona
20 Jan 2013 (PLL) Real Sociedad 3 – 2 Barcelona
17 Jan 2013 (CDR) Barcelona 2 – 2 Málaga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s