AC Milan vs Barcelona: Serbuan Maut

Posted: 19 Februari 2013 in Prediksi-Preview, SPORT
Tag:, , ,

SCTV
Kamis, 21 Februari 2013
02:45 WIB

HL---AC-Milan-vs-Barcelona

Jika bisa, AC Milan sebenarnya sangat tidak ingin bentrok dengan Barcelona di fase knock-out. Tapi undian sudah bergulir dan Rossoneri sudah bersiap menghadapi serbuan serdadu Catalan itu di San Siro, Kamis (21/2) dinihari WIB.

Nyatanya, Barca masih konsisten memainkan tiki taka dengan naluri menyerang yang tinggi sehingga lawan yang tidak dalam konsentrasi dan semangat juang yang tinggi, bakal tenggelam menghadapi serbuan serangan air bah, Lionel Messi dkk.
Namun, tim ini menyisakan cela dan kerap kesandung melawan tim-tim berkarakter kuat. Buktinya, mereka sempat ditaklukkan Celtic. Selain itu, meski dikenal sebagai tim menyerang, jumlah gol yang dicetak Barcelona di fase grup ternyata bukan yang terbanyak. Total 11 gol masih berada di bawah Bayern Munchen dan Real Madrid yang mampu mencetak 15 gol.
Dari 11 gol, lini depan Balurgana memiliki kontribusi paling besar. Tiga penyerang menyumbang tujuh gol. Lionel Messi menjadi yang tersubur dengan lima gol. Artinya, kinerja lini depan Blaurgana sejauh ini cukup maksimal.
Setali tiga uang, lini depan AC Milan juga memberi kontribusi paling besar dalam torehan gol di Liga Champion. Dari total tujuh gol, empat di antaranya disumbangkan oleh Stephan El Shaarawy dan striker yang sudah pindah ke Corinthians, Alexandre Pato, dengan masing-masing dua gol.
Dari segi efektivitas, barisan penyerang Milan sudah pasti harus diperbaiki. Pasalnya, dengan rataan 14 tembakan per partai, jumlah gol yang dihasilkan hanya tujuh. Bandingkan dengan Barcelona yang punya rataan tembakan mencapai 16 dan mampu mendulang 11 gol.
Sepeninggal Zlatan Ibrahimovic yang musim lalu mencetak lima gol di Liga Champion, I Rossoneri bertumpu kepada El Shaarawy. Striker yang musim lalu sama sekali tidak mencetak gol di Liga Champions, kini sudah menyumbang dua gol. Tapi, itu belum cukup. Butuh formulasi baru agar lini depan Milan bisa lebih tajam.
Milan tak boleh hanya fokus dalam peningkatan ketajaman. Lini belakang juga harus mendapat perhatiaan ekstra. Bukannya apa-apa, gawang I Rossoneri bisa dibobol lawan hanya melalui sebuah kesempatan. Seperti yang dialami kala menjamu Zenit St Petersburg pada laga pamungkas fase grup (4/12/12).
“Kami harus bermain melawan mereka (Barcelona) dengan hati-hati, meminimalisir kesalahan, tetapi dengan mentalitas menyerang, bermain dengan keberanian,” ucap allenatore Massimiliano Allegri.
Tekad Milan tampaknya cukup kuat. Tanda-tanda perbaikan di lini belakang sudah mulai terlihat. Dalam lima laga yang dilakoni sepanjang Januari, gawang mereka hanya kemasukan tiga kali. Sedangkan dua laga lainnya berakhir clean sheet alias tidak kebobolan.
Sementara, Blaugrana berbeda dengan I Rossoneri dalam hal lini pertahanan. Tak ada kendala berarti terkait kinerja Carles Puyol cs sepanjang Liga Champions musim ini. Hingga saat ini, gawang Blaugrana hanya kebobolan lima gol selama melakoni babak fase grup.
“Kami bisa saja merekrut bek berbadan jangkung. Tapi, saya memilih mengoptimalkan skuad yang ada. Setelah kehilangan Eric Abidal dan Seydou Keita, kami cukup sering mendapat kesulitan saat lawan mendapat tendangan bebas. Untuk mengatasinya, kami selalu berusaha lebih banyak menyerang sehingga pertahanan tak perlu menghadapi situasi sulit saat mendapat serangan,” jelas pelatih Tito Vilanova.
Menariknya, pertahanan Barcelona kerap keteteran saat menghadapi serangan balik. Ketika menghadapi tim yang punya penyerang berkecepatan tinggi, bek-bek Blaugrana harus berjibaku guna menutup peluang lawan dalam mencetak gol. Hal ini bisa dijadikan Milan sebagai senjata untuk menaklukkan Barcelona. Bukannya apa-apa, I Rossoneri punya kemampuan menyerang balik yang tajam. Ini bisa jadi senjata mematikan! (hai/int)

Prakiraan Formasi
AC MILAN (4-3-3): Abbiati; Abate, Zapata, Mexes, De Sciglio; Montolivo, Ambrosini, Nocerino; Boateng, Pazzini, El Shaarawy

BARCELONA (4-3-3): Valdes; Alves, Pique, Puyol, Alba; Xavi, Busquets, Fabregas; Pedro, Messi, Iniesta

Prediksi Metro 24 Jam
Voor: 1 1/4 : 0
Skor: 2-2

Head2Head
04 Apr 2012 Barcelona 3 – 1 AC Milan
29 Mar 2012 AC Milan 0 – 0 Barcelona
24 Nov 2011 AC Milan 2 – 3 Barcelona
14 Sep 2011 Barcelona 2 – 2 AC Milan
25 Agu 2010 Barcelona 3 – 2 AC Milan

5 Laga Terakhir
AC Milan
16 Feb 2013 AC Milan 2 – 1 Parma
10 Feb 2013 Cagliari 1 – 1 AC Milan
04 Feb 2013 AC Milan 2 – 1 Udinese
27 Jan 2013 Atalanta 0 – 1 AC Milan
20 Jan 2013 AC Milan 2 – 1 Bologna

Barcelona:
17 Feb 2013 Granada 1 – 2 Barcelona
10 Feb 2013 Barcelona 6 – 1 Getafe
04 Feb 2013 Valencia 1 – 1 Barcelona
31 Jan 2013 Real Madrid 1 – 1 Barcelona
28 Jan 2013 Barcelona 5 – 1 Osasuna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s