Asyiknya Naik Subaru XV

Posted: 19 Februari 2013 in OtoNews
Tag:, , , , ,

2013-02-08 10.54.57Setelah lama menantikan kehadirannya di Medan, akhirnya kami berhasil ‘ngedate’ dengan Subaru XV di showroom Jalan Adam Malik No.48 Medan, Senin (11/2) lalu. Asyiknya, kru berhasil berkenalan dengan versi premium (lengkap) mobil crostrek berharga di bawah Rp400 juta itu.
Kebetulan, saat ini showroom di Medan sedang promo test drive. So, cita-cita untuk menikmati mobil built up Jepang itu jadi kesampaian. Kami pun berkesempatan menikmati performa mobil yang sejak kemunculannya pada 2011 lalu, sudah meraih predikat mobil teraman di AS dan raih bintang lima NCAP di Eropa. bersama jurnalis dari negara lain.
Tampak luar, mobil yang didukung dengan mesin 2.000cc Lineartronic CVT satu itu memang cukup memukau. Tema “Confidence in Motion” yang diusung oleh para desainer Subaru sepertinya cukup berhasil.
2013-02-08 11.05.52Terbukti, bodi crossover XV tidak terlalu gambot. Subaru seperti sudah lebih mengenal kebutuhan konsumen Asia terlebih konsumen Indonesia. Untuk model satu ini, Subaru lebih mengutamakan fungsionalitas.
Nah, desain bodi Subaru XV tidak terlalu banyak guratan. Namun, Subaru XV seperti yang dijelaskan pabrikan asal Jepang itu hanya mencoba menggabungkan modernitas dan kepraktisan. Perpaduan yang cukup sederhana tersebut terbukti mencuatkan kesan tangguh.
Masuk ke kabin penumpang, disuguhkan fitur cukup luar biasa. Subaru XV sudah tersemat start/stop engine, paddle shift di belakang kemudi, tilt steering, teknologi cruise control, sunroof otomatis, pengatur volume suara yang tersemat di setir. Untuk fitur keamanan sudah ada SRS Airbag, ESP, hingga 4 disc brake. Mobil ini juga dilengkapi GPS dan jok kulit yang menambah maskulin penampilan Anda.
2013-02-08 11.03.45Sedangkan model meterclusternya mudah dibaca pengendara. Di bagian tengah antara RPM dan jarum kecepatan terdapat MID yang bisa menampilkan konsumsi BBM, jarak tempuh.
Lebih dalam lagi mengeksplore crossover satu ini, mesin 2.000cc itu pun dinyalakan. Cukup mudah untuk menjangkau tongkat perseneling.
Subaru-XV_2012_800x600_wallpaper_60Geser tuas ke bawah (di posisi D), mesin pun digeber. Beruntung sistem kedap suara Subaru XV lumayan baik. Deruan mesin bisa diredam hingga tidak terlalu mengganggu telinga ketika berada di RPM tinggi.
Asyiknya Subaru sudah sangat mengerti keinginan pengendara. Jika Anda yang ingin merasakan performa mesin lebih baik lagi, cukup geser tongkat perseneling ke kanan. Mesin pun terasa lebih responsif.
Di semua kendaraan, faktor kestabilan dan kenyamanan merupakan faktor penting. Subaru sepertinya sudah meningkatkan kestabilan dengan meminimalkan body roll kendaraan. Gejala bodi roll tidak terlalu terasa. Mobil Subaru XV yang dilengkapi All-Wheel Drive (AWD) sepertinya cukup berhasil.
2012-subaru-xv-review-21-625x416 Sedangkan untuk handling-nya, mobil satu ini cukup baik. Meski modelnya crossover yang memiliki panjang 4.450 mm, lebar 1.780 mm dan tinggi 1.570 mm, untuk melakukan zig-zag sangat mudah. Kami pun tidak terlalu mendapatkan masalah ketika menguji mobil yang menggunakan casis Subaru Impreza tersebut.
Unsur lain yang membuat mobil nyaman adalah kaki-kaki ketika mencengkram aspal. Untu model satu ini sepertinya Subaru sangat tepat. Soalnya crossover XV sudah menggunakan pelek alloy ring 17 yang dibalut ban 225/50. Kondisi ban tersebut semakin memperkuat daya cengkram ke aspal hitam.
Eits, tidak sampai di situ kelebihan Subaru XV. Pilihan Subaru menggunakan kaca kecil di depan spion seperti sangat tepat. Meski kecil, keberadaannya sangat membantu pengendara ketika memantau daerah depan samping. Model itu sangat membantu pengendara ketika menghadapi keramaian salah satu contoh kota Medan yang terkenal padat.
Sayang sesi test drive Subaru XV kali ini detikOto tidak bisa membuktikan kecepatan maksimum dan pergerakan mulai dari 0-100 Km/Jam. Track yang disediakan sangat minim dan kurang beragam, hanya sekitar 200 m yang disediakan.(hai)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s